Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan Umum ini berisi mengenai aturan, pedoman, panduan, pemberitahuan, kebijakan dan instruksi yang berkaitan dengan penggunaan Produk Sofi. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Produk Sofi, Perusahaan menyatakan bahwa telah membaca, memahami dan menyetujui setiap dan seluruh isi Syarat dan Ketentuan Umum ini.

Syarat dan Ketentuan lain di luar dari Syarat dan Ketentuan Umum ini serta Syarat dan Ketentuan Produk Sofi tidak akan berkekuatan dan tidak berlaku kecuali jika disetujui oleh kedua belah pihak.

Definisi

  • “Sofi” adalah PT. Aplikasi Solusi Finansial yang didirikan dan terdaftar berdasarkan hukum negara Republik Indonesia.
  • “Perusahaan” adalah Perusahaan yang bermitra dengan Sofi.
  • “Karyawan” adalah Pegawai dari Perusahaan yang telah bermitra dengan Sofi.
  • “Produk” adalah jenis layanan finansial yang disediakan oleh Sofi kepada Perusahaan.
  • Mobile Apps” adalah aplikasi yang digunakan oleh Karyawan dan Perusahaan untuk menggunakan Produk Sofi.
  • “Situs” adalah website https://www.sofi.co.id, termasuk semua domain dan subdomainnya.
  • “FAQ” (Frequently Asked Questions) adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan.
  • “Cookie” adalah file yang digunakan oleh server Sofi untuk mengidentifikasi komputer yang digunakan oleh Perusahaan atau Karyawan.

Informasi Umum

Produk yang terdapat dalam Situs dan/atau Mobile Apps Sofi ditujukan untuk dan digunakan oleh :

  • Karyawan yang berusia minimal 17 tahun dan memiliki kapasitas hukum, hak, kuasa, dan otoritas yang diperlukan untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.
  • Karyawan individu berwarga negara Indonesia.
  • Perusahaan dan/atau Karyawan akan menggunakan Produk yang terdapat pada Situs dan/atau Mobile Apps Sofi hanya untuk tujuan yang sah dan tidak berlawanan dengan Hukum.
  • Semua informasi, termasuk (namun tidak terbatas pada) data Karyawan yang Perusahaan berikan adalah akurat dan benar.
  • Sofi berhak untuk mengadakan uji kelayakan terhadap Karyawan yang akan menggunakan Produk Sofi. Selama proses tersebut berlangsung, Sofi akan menghubungi Perusahaan untuk mencari informasi, melakukan verifikasi dan konfirmasi terkait Karyawan, termasuk (namun tidak terbatas pada) catatan historis hukum dan kredit.

Kewajiban dan Tanggung Jawab Perusahaan

  • Perusahaan wajib melakukan verifikasi data Karyawan serta menjamin Karyawan yang menggunakan Produk Sofi adalah benar bekerja di Perusahaan tersebut.
  • Perusahaan bertanggung jawab terhadap tindakan Karyawan dalam menggunakan Produk Sofi.
  • Perusahaan menyetujui bahwa Sofi berhak menolak pengajuan Produk yang dilakukan oleh Karyawan apabila tidak memenuhi persyaratan Produk Sofi.
  • Perusahaan sepakat bahwa dengan mengakses Situs dan/atau Mobile Apps Sofi, Perusahaan menjamin keaslian dan keakuratan data Karyawan yang Perusahaan berikan.
  • Perusahaan memahami bahwa Perusahaan memiliki kewajiban untuk selalu :
    • Memperbaharui dan menginformasikan kepada Sofi atas setiap data Karyawan yang mengalami perubahan segera setelah perubahan tersebut.
    • Menjaga password dan penggunaan EMA sebagaimana mestinya.

Perlindungan Data Pribadi

  • Dengan ini, Perusahaan menyetujui bahwa bahwa Sofi dapat mengumpulkan, menyimpan, memproses, membuka informasi, mengakses, mengkaji dan/atau menggunakan data pribadi (termasuk informasi pribadi yang sensitif) tentang Karyawan Perusahaan, baik yang didapatkan melalui Perusahaan ataupun melalui sumber lain yang sesuai dengan Hukum yang berlaku.
  • Sofi tidak akan menggunakan Data Pribadi Karyawan untuk tujuan apapun selain untuk Produk Sofi, namun dengan ketentuan bahwa hal-hal di atas tidak berlaku untuk Data Pribadi yang :
  • Suatu pihak dapat memperlihatkan bahwa pihak tersebut secara sah telah memiliki Data Pribadi tersebut sebelum pengungkapannya oleh pihak tersebut.
  • Data Pribadi tersebut diketahui publik melalui tanpa adanya kesalahan pihak tersebut.
  • Data Pribadi tersebut selanjutnya diperoleh secara sah oleh pihak tersebut tanpa larangan kerahasiaan dari sumber-sumber lain.
  • Data Pribadi tersebut disyaratkan untuk diungkapkan oleh perintah pengadilan atau menurut Hukum yang berlaku.
  • Data Pribadi tersebut diungkapkan dalam proses litigasi apapun.
  • Jika Sofi disyaratkan oleh Hukum untuk mengungkapkan Data Pribadi, Sofi akan memberitahukan kepada pemilik Data Pribadi dalam waktu 3 (tiga) hari sebelum Data Pribadi diungkapkan.

Perubahan Atas Syarat dan Ketentuan

  • Sofi berhak untuk mengubah Syarat dan Ketentuan atas kebijakannya sendiri dari waktu ke waktu. Segala perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku segera setelah Sofi mencantumkannya pada Situs dan/atau Mobile Apps Sofi.
  • Perusahaan memahami dan menyetujui bahwa ketika Perusahaan melanjutkan penggunaan Produk melalui Situs dan/atau Mobile Apps Sofi setelah dilakukan perubahan Syarat dan Ketentuan ini menjadikan Perusahaan tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan yang berlaku.

Pelepasan Tanggung Jawab

  • Sofi ataupun Karyawan-karyawannya tidak bertanggung jawab dan tidak berhak untuk memberikan ganti rugi ketika terjadi pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini yang disebabkan oleh Perusahaan dan/atau Karyawan itu sendiri.
  • Perlu diketahui bahwa pesan yang disampaikan melalui koneksi internet tidak dapat dijamin sepenuhnya keamanannya dan dapat saja tertahan, hilang atau mengalami perubahan. Sofi tidak bertanggung jawab atas pesan yang hilang, diubah oleh pihak ketiga, atau tertahan dan Sofi tidak bertanggung jawab secara material kepada Perusahaan dan/atau Karyawan atas kerusakan hal lainnya sehubungan dengan pesan yang dikirim oleh Perusahaan atau Karyawan kepada Sofi atau sebaliknya melalui koneksi internet.
  • Perusahaan sepakat untuk melepaskan, membebaskan, dan mengganti kerugian Sofi, pemegang sahamnya, direktur, komisaris, dan Karyawan dari dan atas segala bentuk tuntutan, gugatan, klaim, kerugian, ganti rugi, termasuk biaya konsultan hukum yang disebabkan oleh pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini oleh Perusahaan dan/atau Karyawan yang ditetapkan oleh Sofi.

Keadaan Memaksa

  • Tidak ada pihak yang harus bertanggung jawab atas setiap kegagalan pelaksanaan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini jika kegagalan tersebut diakibatkan oleh peristiwa Keadaan Memaksa. Senantiasa dengan ketentuan bahwa bila memungkinkan, pihak yang terkena dampak akan melanjutkan pelaksanaan kewajiban tersebut segera setelah peristiwa Keadaan Memaksa yang menyebabkan kegagalan tersebut berhenti atau mereda.

Pengakhiran

  • Perusahaan sepakat bahwa dalam hal terdapat pelanggaran yang Perusahaan dan/atau Karyawan lakukan atas ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini atau terhadap Hukum yang berlaku, maka Sofi dapat secara sepihak dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu menghapus akun Perusahaan dan/atau Karyawan pada Situs dan/atau Mobile Apps Sofi, membatasi dan mengakhiri Layanan kepada Perusahaan dan/atau Karyawan.
  • Perusahaan mengakhiri penggunaan Produk Sofi dengan menghubungi bantuan pelanggan Sofi (melihat pada Poin 3.3 di atas).
  • Untuk pengaktifan EMA yang diberhentikan oleh Sofi pada butir 2. di atas harus mengikuti prosedur registrasi Perusahaan baru.

Hukum Yang Berlaku

Syarat dan Ketentuan Umum ini ditetapkan oleh Sofi diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan Hukum Republik Indonesia. Perusahaan sepakat bahwa tindakan Hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, penggunaan Produk Sofi akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi Pengadilan Negeri Jakarta Republik Indonesia.