fbpx

Lewat Tol Jakarta ke Surabaya Cukup 8 Jam

Lewat Tol Jakarta ke Surabaya Cukup 8 Jam

Lewat Tol Jakarta ke Surabaya Cukup 8 Jam 1281 1000 Gardena Puteri Ayudila

Tol Trans Jawa untuk ruas Jakarta ke Surabaya rencananya akan rampung pada akhir tahun ini. Jadi bagi Anda yang ingin mudik natal atau merayakan libur natal 2018 dan tahun baru 2019, bisa nih menggunakan jalan tol Jakarta ke Surabaya ini.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang dilansir dari Tempo.co (21/11), pembangunan tol secara keseluruhan dari Merak-Banyuwangi diperkirakan baru rampung pada Desember 2019.

Sampai saat ini, setidaknya ada empat ruas yang masih terus dikebut pengerjaannya sampai akhir tahun dalam rangkaian jalan tol Jakarta ke Surabaya. Empat ruas, tersebut yakni Tol Sragen-Ngawi, Tol Salatiga-Solo, Tol Batang-Semarang, dan Tol Ngawi-Kertosono.

Tentunya dengan kehadiran Tol Trans-Jawa ini akan memangkas waktu tempuh perjalanan, bila sebelumnya mencapai 20 jam, namun dengan hadirnya tol ini maka waktu tempuh dapat menjadi 12 jam saja.

Berdasarkan informasi dari Direktur Utama PT Jasa Marga, Desi Arryani yang dilansir dari Kompas.com (21/11), idealnya Jakarta ke Surabaya bisa ditempuh selama 10-12 jam, dengan jarak 800 km. Tapi kalau misalkan dipacu dengan kecepatan 100 kilometer per jam maka mungkin hanya 8 jam.

Meski begitu, para pengguna jalan harus memperhitungkan keselamatan dan sebaiknya beristirahat.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by temanSofi (@temansofi) on

Menurut Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna yang dilansir dari CNN (21/11), tol Jakarta ke Surabaya memiliki total panjang 759 kilometer. Ruas tol itu terbagi antara tol operasional seluas 524 km dan fungsional 235 km.

Jalan tol fungsional Jakarta-Surabaya ini terdiri dari tol Jakarta-Cikampek sepanjang 73 kilometer, tol Cikopo-Palimanan sepanjang 116 kilometer, tol Palimanan-Kanci sepanjang 26 kilometer.

Lanjut dari Kanci, ada tol Kanci-Pejagan 35 kilometer, tol Pejagan-Pemalang 57 kilometer, Pemalang-Batang 39 kilometer, Batang-Semarang 74 kilometer, Semarang-Solo 32 kilometer, Sragen-Ngawi 55 kilometer, Wilangan-Kertosono 37 kilometer.

Terkait tarif, kabarnya sampai akhir tahun beberapa ruas yang baru diresmikan akan digratiskan. Namun, mulai Januari 2019, kendaraan yang lewat tol akan tarif tol sekitar Rp1.000 per kilometer.

Baca juga:

https://www.sofi.co.id/?utm_source=blog&utm_medium=banner-footer&utm_campaign=article