fbpx

Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional yang rutin diadakan di Indonesia setiap tanggal 12 Desember jadi momen yang ditunggu-tunggu. Berbagai diskon, promo, cashback hingga hadiah akan dihadirkan sejumlah e-commerce pada Harbolnas 12.12 tahun ini.

Sebut saja Lazada, Shopee, Blibli, Zalora, Bukalapak, Tokopedia, dan e-commerce lainnya yang seakan berlomba-lomba untuk memberikan puluhan bahkan ribuan diskon dan promo guna menarik minat konsumen.

Namun tahukah Anda? Ajang tahunan diskon dan promo nyatanya tidak hanya berlangsung di Indonesia saja, sejumlah negara juga punya momen atau ajang diskon dan promo tahunan dengan namanya masing-masing, berikut ini daftarnya:

Promo dan Diskon Mirip Harbolnas 12.12

diskon dan promo 17 agustus 2018
sumber gambar: moneycrashers.com

Cyber Monday

Bila Harbolnas dirayakan setiap tanggal 12.12, lain halnya dengan Cyber Monday. Cyber Monday dirayakan setiap hari Senin setelah Thanksgiving day USA.

Dilansir dari Wikipedia, Cyber Monday diperkenalkan pada tahun 2005 oleh Ellen Davis, Wakil Presiden Senior Penelitian dan Inisiatif Strategis untuk Federasi Ritel Nasional.

Saat itu, Ellen Davis, Federasi Ritel Nasional melihat adanya lonjakan penjualan setiap hari Senin setelah Thanksgiving day.

Hal tersebut, dibuktikan dengan data yang menyatakan bahwa 77% ritel online mengalami peningkatan penjualan secara substansial pada saat Cyber Monday berlangsung.

Cyber Monday berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Italia, Korea Selatan, Jepang, Argentina, Peru, Jerman, New Zealand, Brazil dan yang lainnya.

harbolnas 12.12
Sumber gambar: bgr.com

Black Friday

Bisa dibilang Black Friday jadi salah satu ajang diskon dan promo yang tertua, pasalnya sebelum ada sistem belanja online sudah ada Black Friday ini.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Wikipedia, Black Friday diperkenalkan pada tahun 1952. Kabarnya, istilah Black Friday muncul karena pada hari tersebut neraca penjualan toko, baik offline maupun online akan berubah, dari yang sebelumnya rugi (merah) menjadi untung (hitam).

Di Amerika sendiri, saat Black Friday berlangsung biasanya toko-toko akan memberikan diskon besar-besaran selama 24 jam. Jadi biasanya toko-toko yang berpartisipasi dalam Black Friday akan buka lebih awal dan tutup lebih lama guna menarik banyak konsumen.

Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australian, Meksiko adalah beberapa negara yang menghadirkan Black Friday.

Single’ Day

Selanjutnya di China ada ajang diskon dan promo terbesar yakni bernama Single Day.

Menurut laman Telengraph melaporkan diskon dan promo pada Single day jadi salah satu hari belanja online terbesar di China yang digagas oleh Jack Ma, pendiri raksasa belanja Alibaba.

Single’ Day berlangsung  setiap tanggal 11 November atau 11.11 di China dan jadi ajang diskon dan promo yang paling ditunggu.

Baca juga:

https://www.sofi.co.id/?utm_source=blog&utm_medium=banner-footer&utm_campaign=article