fbpx

Guna menciptakan malam pergantian tahun baru 2019 yang kondusif, beberapa daerah di Indonesia menetapkan larangan untuk menyalakan kembang api dan petasan.

Tak hanya melarang warga untuk menyalakan kembang api dan petasan, beberapa kota di Indonesia juga melarang penggunaan terompet saat tahun baru 2019. Di mana saja kota-kota tersebut? Cek detailnya:

Daerah di Indonesia Ini Larang Pesta Kembang Api Saat Tahun Baru 2019

Solo

Pemerintah kota Solo telah menyebarkan Surat Edaran (SE) Walikota No.334/3826 tentang Pelaksanaan Perayaan Tahun baru 2019. Layaknya tahun kemarin, pergantian malam tahun baru 2019 juga tidak diperkenankan untuk menyalakan kembang api dan petasan.

Sebagai gantinya, akan ada pentas gamelan yang akan ditabuh serentak tepat pukul 00.00 WIB. Di mana kegiatan tersebut rencananya akan digelar di kawasan Car Free Night (CFN) di sepanjang Jalan Slamet Riyadi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Reyga Radika (@reygardk) on

Sidoarjo

Kapolresta Sidoarjo, AKBP Zain Dwi Nugroho menegaskan bagi masyarakat Sidoarjo yang hendak menyalakan kembang api atau petasan dalam skala besar harus meminta izin kepada pihak kepolisian.

Di Sidoarjo sendiri akan ada empat titik yang bakal menggelar acara pergantian malam tahun baru 2018 ke 2019, seperti di Taman Pinang, Sun City, Stadion Gelora Delta, Alun-alun dan Kahuripan Nirwana.

Banda Aceh

Pemerintah Kota Banda Aceh kembali melarang warganya untuk merayakan tahun baru. Hal ini sudah berlangsung tujuh tahun berturut-turut.

Setiap tahun peraturan pergantian malam tahun baru di Aceh diperbaiki dan diperketat, berikut larangan pergantian tahun di Aceh yang dilansir dari Detik.com (27/12):

Pergantian malam tahun baru 2013:

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan imbauan haram perayaan tahun baru, yang melarang:

  • Meniup terompet
  • Membaka petasan, kembang api, lilin dan mercon.
  • Duduk berbaur pria dan wanita (non muhrim)
  • Berdansa
  • Serta Pemkot Banda Aceh membuat larangan menjual terompet dan kembang api
tahun baru 2019
sumber gambar: whatson.ae

Pergantian malam tahun baru 2014:

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan fatwa haram untuk merayakan pergantian tahun baru. Jadi pada pergantian malam tahun 2014 tidak ada perayaan dalam bentuk apapun.

Pergantian malam tahun baru 2015:

Wali kota Banda Aceh dan Forkompinda menghimbau untuk tidak merayakan malam tahun baru dalam bentuk apapun.

Pergantian malam tahun baru 2016:

Melarang perayaan tahun baru dalam bentuk apapun, termasuk yang bernuansa agam, seperti zikir, yasinan, tausyiah dan lain-lain.

Pergantian malam tahun baru 2017:

Larangan pergantian malam tahun baru ditambahkan dengan kewajiban untuk warung kopi menutup kedainya pukul 23.00 WIB hingga pagi hari. Pada waktu itu, tidak ada perayaan malam tahun baru sama sekali.

Pergantian malam tahun baru 2018:

Pemerintah Kota Aceh hanya melarang perayaan tahun baru dalam bentuk kembang api dan mercon. Kegiatan seperti zikir atau kegiatan keagamaan lainnya tidak dilarang.

Pergantian malam tahun baru 2019

Pemkot Aceh melarang warganya untuk menyalakan kembang api, mercon, petasan, meniup terompet, balapan, hingga kegiatan hura-hura lainnya. Aturan ini tidak hanya berlaku di tempat umum saja, namun hotel yang membuat kegiatan bernuansa perayaan tahun baru juga akan dicabut izinnya.

Denpasar

Pemerintah Kota Denpasar mengeluarkan imbauan agar seluruh warga Denpasar tidak menyalakan kembang api, petasan, ataupun mercon saat menyambut tahun baru 2019.

Pemerintah Kota Denpasar mengeluarkan Surat Edaran Nomor 300/3036/Satpol.PP/2018 yang telah ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Denpasar yang mengimbau agar warganya tidak menyalakan, menjual ataupun menyembunyikan petasan, mercon, dan kembang api. Namun larangan tersebut dikecualikan untuk di sejumlah titik seperti lapangan umum dan pantai.

Bila ada masyarakat yang melanggar surat edaran tersebut, maka akan dikenakan sanksi dan denda seusai Perda No.1 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum, warga dapat dikenakan sanksi Tipiring (Tindak pidana ringan).

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by temanSofi (@temansofi) on