fbpx

Sudahkah Ganti Kartu Lama dengan Kartu ATM Chip?

Sudahkah Ganti Kartu Lama dengan Kartu ATM Chip?

Sudahkah Ganti Kartu Lama dengan Kartu ATM Chip? 1280 1000 Gardena Puteri Ayudila

Bagi Anda yang masih menggunakan kartu debit teknologi pita magnetik (Kartu ATM lama) ada baiknya migrasilah segera ke kartu ATM atau debit dengan teknologi chip.

Pasalnya kartu ATM chip dianggap lebih aman dan beberapa alasan lainnya, berikut detail keuntungan bila mengganti kartu ATM lama menjadi kartu ATM Chip.

Keuntungan Menggunakan Kartu ATM Chip

Lebih Aman

Menurut Senior Executive Vice President Information Technology & Digital Banking BNI Dadang Setiabudi yang dilansir dariDetik.com (3/1),  tujuan utama dari penggantian kartu debit/ATM dari magnetic stripe menjadi kartu ATM atau debit teknologi chip adalah keamanan.

Dari segi keamanan, kartu yang disertai chip lebih aman, karena kartu chip lebih sulit digandakan dibanding kartu ATM atau debit lama  yang menggunakan magnetic stripe.

Direktur Bank Central Asia (BCA) Santoso Liem juga mengutarakan hal serupa, menurutnya kartu debit yang sudah menggunakan chip maka keamanannya akan lebih baik. Chip juga digunakan untuk menghindari terjadinya kejahatan seperti skimming.

Kapasitas Penyimpanan Lebih Besar

Kartu ATM berteknologi chip juga memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih besar serta dapat melakukan pemrosesan transaksi dengan cepat.

Bagaimana Jika saya tidak ingin mengganti kartu ATM menjadi kartu ATM chip?

Kartu ATM atau debit magnetic stripe atau kartu ATM lama Anda masih bisa digunakan sampai masa berlaku yang tercantum dalam kartu atau hingga tahun 2021. Selebihnya, kartu sudah tidak bisa digunakan.

kartu ATM chip
Sumber gambar: Detik.com

Cara Mengganti Kartu ATM Lama ke Kartu ATM Chip

  1. Datanglah ke kantor cabang bank terdekat dengan membawa buku rekening tabungan, kartu ATM atau debit lama, serta identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Bagi beberapa Bank, biasanya pihak customer service akan menawarkan dua pilihan jenis kartu, apakah ingin kartu ATM atau debit yang hanya bisa digunakan di dalam negeri (kartu GPN) atau yang bisa dipakai di luar negeri. Bedanya kartu ATM chip yang dapat digunakan untuk transaksi saat di luar negeri, ada logo Mastercard di kanan bawah kartu.
  3. Anda akan diminta mengisi lembar formulir penggantian kartu, lalu memasukkan PIN 6 digit angka.
  4. Seluruh proses penggantian kartu ini tidak dipungut biaya alias gratis (untuk lebih jelasnya lagi, bisa ditanya ke pihak bank terkait).
  5. Kartu ATM chip memiliki masa berlaku 5 tahun.

Apakah ada perbedaan saat ingin bertransaksi?

Tidak ada perbedaan saat ingin bertransaksi melalui mesin ATM, namun saat bertransaksi melalui mesin EDC, ada sedikit perbedaan. Jika biasanya kartu digesek, untuk kartu KTP chip untuk bertransaksi akan dimasukkan ke dalam mesin Electronic Data Capture (EDC).

Baca juga:

https://www.sofi.co.id/?utm_source=blog&utm_medium=banner-footer&utm_campaign=article