fbpx

“Bila diterima bekerja di perusahaan ini, berapa gaji yang Anda harapkan?”

Saat sedang interview kerja pastinya pertanyaan seputar ekspektasi gaji sering ditanyakan, namun untuk menjawab pertanyaan yang kerap kali  buat kandidat tak nyaman atau bingung ini memang susah-susah gampang.

Alih-alih mendapatkan gaji sesuai pengalaman dan harapan, justru kandidat bisa ditolak oleh perusahaan karena jawaban interview kerja seputar gaji tersebut tidak masuk akal atau alasannya lainnya.

Jawaban Interview yang Tepat Saat Ditanya Ekspektasi Gaji

Berikut tips dan trik berikan jawaban interview kerja yang tepat saat ditanya seputar gaji:

jawaban interview

Riset Perkiraan Gaji

Menurut Alison Green, penulis buku Ask A Manager: Clueless Colleagues, Lunch-Stealing Bosses, and the Rest of Your Life at Work, untuk melakukan riset perkiraan gaji ini Anda bisa melihat standar gaji di website seperti salary.com atau glassdoor.com, namun hal itu juga sebaiknya tidak dijadikan acuan.

Cara paling ampuh menurutnya adalah dengan meminta saran dengan rekan kerja. Anda bisa bertanya, bila memiliki keahlian dan pengalaman seperti Anda, berapa gaji yang kiranya pantas diterima. 

Baca juga: Yuk, Pahami Cuti Karyawan Menurut UU Ketenagakerjaan

Beri Kisaran Gaji

Co-Founder Jack Welch Management Institute, Suzy Welch menyarankan bila memberikan jawaban interview soal gaji, sebaiknya kandidat memberikan kisaran angka saja, tidak perlu mengatakan angka sebenarnya yang Anda inginkan.

Serupa dengan Suzy Welch, Daniel R.Ames, peneliti dari Columbia Business School juga mengatakan jangan pernah memberikan angka yang pasti.

Sebaiknya, berikan kisaran gaji yang Anda inginkan. Cara ini dinilai baik, karena mungkin saja Anda mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari gaji yang Anda harapkan.

Contohnya, bila Anda menginginkan gaji pada angka Rp 100 juta per tahun, maka Anda bisa memberikan kisaran gaji dari Rp 100 juta hingga Rp 120 juta per tahun.

Daniel R.Ames juga menyarankan jangan pernah memberikan kisaran yang terlalu tinggi, cari tahu perkiraan gaji yang tepat di perusahaan yang Anda lamar.

Bila Anda bingung menentukan nominal gajinya, pada umumnya ada kenaikan gaji 10% sampai 15% dari gaji sebelumnya.

jawaban interview

Jangan Berbohong!

Hindari berbohong bila ditanya tentang nominal gaji di perusahaan sebelumnya.

Tak sedikit pencari kerja yang berbohong bila ditanya nominal gaji di perusahaan sebelumnya. Mereka pikir, cara seperti itu bisa membuat perusahaan memberikan gaji lebih tinggi.

Padahal justru cara ini akan menjadi bumerang bagi Anda, karena banyak perusahaan yang memverifikasi kandidatnya sebelum memutuskan untuk memperkerjakannya. Ingat sepandai-pandainya tupai melompat, pasti bisa terjatuh juga!

Terbuka untuk Berdiskusi

Tunjukkan bahwa Anda terbuka untuk bernegosiasi soal gaji. Bila Anda melakukan hal ini, maka akan memudahkan HRD untuk menyesuaikan gaji yang sesuai dengan keinginan Anda dan kemampuan perusahaan.