fbpx

Tertarik Investasi Saham tapi Masih Awam? Ini Cara Mudah Belajarnya

Tertarik Investasi Saham tapi Masih Awam? Ini Cara Mudah Belajarnya

Tertarik Investasi Saham tapi Masih Awam? Ini Cara Mudah Belajarnya 1280 1000 Gardena Puteri Ayudila

Bagi Anda yang tertarik belajar investasi saham, mungkin Anda bisa mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM) atau Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS).

Kedua sekolah pasar modal tersebut adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

Siapa saja bisa menjadi peserta SPM dan SPMS ini sepanjang telah melakukan pendaftaran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

investasi saham
Sekolah pasar modal 2015, poems.co.id

Sekolah Pasar Modal (SPM) ataupun Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) hadir dalam dua level

Level 1 diperuntukkan bagi masyarakat yang belum menjadi investor saham. Pada level 1 ini, peserta akan mendapat gambaran umum tentang pasar modal, tentang investasi khususnya investasi saham, dan cara berinvestasi saham di pasar modal Indonesia.

Untuk mengikuti sekolah pasar modal level 1, peserta dikenakan biaya Rp100,000. Dana ini akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham (biaya SPM dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham).

Level 2 adalah Workshop Investasi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang telah menjadi investor saham di pasar modal Indonesia, dibuktikan dengan mempunyai SID dengan membawa kartu akses atau trading confirmation transaksi saham pada saat mengikuti kelas level 2 ini. Bagi kelas level 2 dapat diikuti oleh peserta SPM level 1 pada hari yang sama.

Pada SPM level 2 peserta akan mendapat pengetahuan tentang analisa fundamental dan analisa teknikal sebagai pengetahuan untuk memilih saham yang akan diinvestasikan.

Lalu pada SPMS level 2, peserta akan mendapatkan pengetahuan tentang analisa fundamental dan teknikal, informasi market update serta pengenalan Reksa Dana Syariah sebagai pengetahuan teknis dalam berinvestasi secara syariah.

investasi saham
impactiq.org

Syarat Daftar Sekolah Pasar Modal dan Ikut Investasi Saham

  1. Untuk peserta SPM/SPMS level 1, siapkan dana Rp100,000. Dana ini menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham (Biaya SPM/SPMS dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham) ke Rekening PT Indonesia Capital Market Electronic Library yang diinformasikan dalam email konfirmasi.
  2. Peserta SPM ataupun SPMS level 1 wajib membawa:
    1. Bukti setor dana yang telah ditransfer ke rekening PT Indonesia Capital Market Electronic Library (khusus SPM kota Jakarta dan SPM Syariah);
    2. Foto copy KTP;
    3. Foto copy NPWP;
    4. Foto copy halaman depan buku rekening tabungan;
    5. Untuk Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga membawa foto copy kartu keluarga;
    6. Untuk Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga membawa foto copy NPWP orangtua/suami;
  3. Pada saat pelaksanaan SPM level 2, peserta membawa kartu akses atau trading confirmation transaksi saham.
  4. Setelah mengikuti kelas dan melakukan transaksi jual/beli saham, peserta akan mendapatkan sertifikat yang dikirim dalam bentuk file digital ke email peserta. Selain itu materi dalam bentuk file digital juga akan dikirim ke email peserta.
  5. BEI tidak melayani perubahan jadwal, jika peserta tidak dapat mengikuti kelas sesuai jadwal yang sudah didaftarkan maka dana tidak dapat dikembalikan.

Cara Daftar Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS):

  • Buka https://sekolahpasarmodal.idx.co.id/  klik button Daftar
  • Selanjutnya klik button Login. Bila Anda belum memiliki akun di Sekolah Pasar Modal, maka kamu wajib registrasi terlebih dahulu.
  • Klik pendaftaran. Ada dua pilihan kelas, yakni Tatap Muka dan Kelas Online.
  • Misal, bagi Anda yang memilih kelas tatap muka, pilih progam, level, waktu dan lokasi di mana Anda ingin belajar.
    • Untuk informasi waktu berikut detailnya: SPM level 1 hadir pada pukul 09.00 – 12.00, hari Selasa atau Kamis. Sedangkan untuk SMP Level 2 buka pada pukul 13.00 – 16.00, hari Selasa atau Kamis;
    • Lain halnya dengan SPMS level 1 yang hadir setiap hari Selasa dan Sabtu, pukul 09.00 – 12.00, dan level 2-nya hadir setiap hari Selasa dan Sabtu, pukul 13.00 – 16.00.
  • Setelah memilih kelas Anda akan dikirimkan email konfirmasi.
  • Ikuti instruksi yang ada pada email tersebut dan selamat belajar!

Baca juga: