fbpx

Pemerintah kembali menawarkan instrumen Surat Berharga Negara (SBN) ritel di awal bulan April 2019. SBN ritel yang ditawarkan yakni Savings Bond Ritel seri SBR006.

SBR006 adalah instrumen surat utang negara yang peruntukan unuk perseorangan. Pembelian SBR006 ini minimal Rp1 juta dan maksimal Rp3 miliar.

SBR (Savings Bond Ritel) ini terbilang aman karena dijamin oleh pemerintah, selain itu seluruh dana hasil penjualan SBR006 akan dipergunakan untuk mendukung pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), salah satunya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.  

SBR006

valueresearchonline.com

Untuk nominal kupon SBR006 akan ditetapkan akhir bulan Maret 2019, namun berdasarkan proyeksi analis yang dilansir dari Kontan (28/3), kupon SBR006 ini akan berada di kisaran 8% karena mengingat potensi penurunan selisih atau spread terhadap suku bunga acuan tergolong kecil.

Cara Membeli SBR006

Layaknya pembelian Savings Bond Ritel (SBR) seri sebelumnya, berikut cara pembelian SBR006;

Pertama, Anda harus registrasi terlebih dahulu. Untuk registrasi, calon investor harus registrasi melalui sistem elektronik MiDis (Mitra Distribusi), berikut MiDis (Mitra Distribusi):

  • Bank Umum: BCA, Mandiri, BNI, Pertama, BRI, BTN.
  • Perusahaan Efek: Trimegah
  • Perusahaan Efek Khusus: Bareksa, Tanamduit
  • Perusahaan Financial Technology (Peer-to-Peer Lending): Investree, Modalku.

Selanjutnya Anda harus membuat SID (Single Investor Identification) dan Rekening surat berharga via Sistem Pemesanan Online (bagi yang belum memiliki)

Tahap selanjutnya adalah pemesanan. Untuk melakukan pemesanan, ada beberapa tahap:

  • Calon investor melakukan pemesanan melalui Sistem Elektronik MiDis setelah membaca ketentuan dalam memo info.
  • Verified order akan mendapatkan kode pembayaran (Billing Code) via Sistem Elektronik MiDis atau email.
  • Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan.

Selanjutnya, Anda akan menerima bukti konfirmasi kepemilikan SBN ritel via Sistem Elektronik MiDis dan email yang terdaftar.

Dan tahapan terakhir adalah pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Persepsi dengan berbagai saluran pembayaran (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dengan batas waktu yang telah ditentukan. Calon investor memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) & notifikasi completed order via Sistem Elektronik MiDis dan email yang terdaftar

Masa penawaran SBR006 adalah 01-16 April 2019, untuk tenor (jatuh tempo) SBR006 ialah 2 tahun hingga 10 April 2021, terdapat fasilitas Early Redemption. Periode Early Redemption 27 April s.d. 4 Mei 2020, dan pembayaran kupon tanggal 10 setiap bulannya.

Baca juga:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by temanSofi (@temansofi) on