fbpx

Catat, Ini Cara Ikut Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru 2019

Catat, Ini Cara Ikut Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru 2019

Catat, Ini Cara Ikut Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru 2019 1281 1000 Gardena Puteri Ayudila

Mudik gratis natal dan tahun 2019 siap digelar oleh kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Jasa Raharja.

Mudik gratis yang bertajuk “Mudik Bareng Guyub” ini hanya diperuntukkan untuk masyarakat di sekitar Jabodetabek yang ingin mudik ke lima kota tujuan seperti Yogyakarta, Solo, Boyolali, Malang dan Semarang.  

Menurut Kasubdit Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kemenhub Avi Mukti Amin, yang dilansir dari tirto.com (14/13), mudik gratis natal dan tahun tahun baru 2019 ini ada di lima kota tujuan yakni, Yogyakarta, Solo, Boyolali, Malang dan Semarang.  

kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 18 bus dengan kuota penumpang sebanyak 810 untuk tujuan Yogyakarta, 3 bus dengan kuota 135 penumpang untuk Boyolali, 2 bus dengan kuota 90 penumpang untuk Malang, 22 bus dengan kuota 990 penumpang untuk Solo, dan 5 bus dengan kuota 225 penumpang menuju Semarang.

Baca juga: Ini Cara Agar Bisa Naik Transjakarta Gratis

Cara Ikut Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru 2019:

  • Pendaftaran Online : Buka http://mudikgratis-hubdat.dephub.go.id/
  • Pendaftara Offline dan verifikasi pendaftaran online: Di Lobby Gedung Cipta Kementerian Perhubungan, Jalan
  • Pendaftaran ini ditutup tanggal 20 Desember 2018, dan diberangkatkan di Selang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada 22 Desember 2018.
mudik gratis
Sumber gambar: ANTARA Widodo S. Jusuf

Menurut Avi Mukti Amin, Kasubdit Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, mudik natan dan tahun baru berbeda dengan mudik lebaran, karena kebanyakan pemudik ke Indonesia Timur, seperti Manado, NTT dan sebagainya.

Avi memperkirakan jumlah penumpang angkutan umum melalui jalur darat dalam natal dan tahun baru 2019 ini akan mengalami penurunan, diperkirakan tahun ini turun menjadi 4,1 juta atau minum 5,66 persen, dari yang tahun lalu pemudik yang menggunakan angkutan umum jalur darat 4,4 juta orang.

Baca juga: Berapa Penghasilan Youtuber Terkaya di Dunia?