fbpx

Bila Anda nasabah yang memiliki keluhan bank atau merasa dirugikan oleh bank, seperti saldo tiba-tiba berkurang, kartu kredit terkuras atau masalah lainnya, Anda bisa melaporkan ke Direktorat Mediasi Perbankan Bank Indonesia (BI).

Namun sebelum menyampaikan keluhan ke Bank Indonesia, Anda bisa membuat pengaduan nasabah ke bank terkait terlebih dahul dengan menghubungi contact center bank terkait menceritakan masalah Anda, berikut daftar contact centernya:

Contact Center Guna Sampaikan Keluhan Bank

Nama Bank Contact Center
BRI 14017 / 1500017
Bank Mega 60010 (HP) | 1500010
BCA 1500888
Mandiri 14000
BNI 1500046
BTN 1500286
CIMB Niaga 14041
Permata 1500111
Sinarmas 1500153
DKI Jakarta 1500351
Danamon 1500090
Panin Bank 1500678/ 60678
UOB 14008
Bukopin 14005
keluhan bank

sumber gambar: freeenglishlessonplans.com

Bila dalam 20 hari sampai 40 hari kerja keluhan Anda tidak ada tanggapan dari bank terkait, maka Anda bisa melaporkannya kepada Bank Indonesia. Pasalnya menurut peraturan di bank sentral, sebuah bank harus dapat menyelesaikan sengketa dengan nasabah paling lambat 40 hari kerja.  

Cara Adukan Keluhan ke Bank Indonesia

Bagi Anda yang ingin mengadukan keluhan atau masalah dengan bank ke Bank Indonesia, maka Anda bisa menelepon ke layanan BICARA 131. Saluran tersebut gratis, Anda bisa tanya atau konsultasi tentang apa saja terkait jasa sistem pembayaran.

Selain bisa adukan keluhan bank melalui telepon, Anda juga bisa email ke [email protected] atau dengan langsung mendatangi kantor perwakilan Bank Indonesia setempat.

Melalui layanan BICARA tersebut, ada tiga layanan yang disediakan oleh Bank Indonesia yakni layanan edukasi, konsultasi dan fasilitator.

  • Layanan edukasi; membantu masyarakat agar paham seperti apa jasa sistem pembayaran, contohnya bagaimana penggunaan kartu kredit, ATM dan lain-lain.
  • Layanan konsultasi; Dengan layanan ini, Anda dapat meminta pertimbangan dari Bank Indonesia langsung, jika mengalami kesulitan ketika menggunakan produk sistem pembayaran.
  • Layanan Fasilitator; Sebagai bank sentral, Bank Indonesia akan membantu menengahi setiap permasalahan yang timbul yang mengakibatkan sengketa yang biasanya terjadi antara nasabah dengan penyedia layanan sistem pembayaran.

Baca juga:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by temanSofi (@temansofi) on